29 Jun 2008

siarbukansair

Berikut kutipan dari QS.Ali Imran:186
ringkasnya seperti ini, 'ujian itu untuk harta,dirimu, dan menyakitkan hati.dapet tausiyah ini dari balai keraton,yang pada saat itu tepatnya pengajian berlangsung.radio tempatku bekerja sebagai undangan.saya baru selesai siaran science today, orang marketing, alias iis bersama mitha rahman datang kekantor mengajak krue yang sedang tidak ada tugas.alhasil saya pun ikut.Berikut kisah lanjutannya atau isi pengajiannya:

tggu y

laper

"duh...laper", rengek seorang anak yang merintih menahan rasa lapar.matanya sipit, mungkin orang bilang dia keturunan orang Cina.Padahal ia tak memiliki ketutunan darah Cina.

Anak yang kelaperan itu sebenarnya saya sendiri."Diova,diova laper ko ditahan." Rasanya perih memang, tapi kalau saja inget semangat menulis kembali..rasanya tak mau beralih dari depan komputer.

Ketika saya minta tolong dengan operator yang bertugas untuk membelikan makanan,tak lama kemudian sang operator pun berangkat untuk menunaikan amanah.tapi sayang, maksud hati membeli gorengan, ternyata pedagangnya tak berjualan.setelah melapor kesaya, akhirnya saya pun pasrah dan mengatakan "yah,..apa saja deh ngk papa yang penting bisa mengganjal perut." Akhirnya sang operator kembali pergi keluar gerbang untuk mencari nasi.Dengan membawa uang lima ribu, operator berjalan mencaari penganan pengganjal perut.yang penting pesannya, "bisa dimakan bareng, karena saya enggak mau makan sendirian.Sudah minta tolong, yg nolongin masa enggak dibagi.yah itung-itung bagi-bagi rejeki.Biar sedikit asal bermanfaat.

siarbukansiaran

diisi oleh nurhadi dari Palembang, Juni 2008
Dalam gedung berlabel Balai Keraton,tepatnya dilantai 3 Gedung DPR Provinsi Lampung,Pengajian berlangsung dengan ciri khas pengajian pada seperti biasanya, yaitu peserta identik dengan ibu-ibu pengajian.bukan berarti tidak ada para bapak2nya,namun ibu-ibu cenderung dominan, kendatipun ada yang pulang sebelum acara selesai karna sibuk mengurus anak yang rewel, ataw alasan lain, seperti sudah ditelpon orang rumahnya.

Berikut ringkasan isi pengajian:
1.kiat-kiat masuk neraka
2.kiat-kiat jadi orang miskin
3.kiat-kiat jadi orang kaya.

walaupun saya tidak mengikutinya hingga larut malam, namun berikut adalah copyan dari catatan saya.

QS.[47]muhammad;19= "Maka ketahuilah, bahwa sesungguhnya tidak ada Tuhan melainkan Allah dan mohonlah ampunan bagi dosamu dan bagi (dosa) orang-orang mu'min, laki-laki dan perempuaan.Dan Allah mengetahui tempat kamu berusaha dan tempat tinggalmu.

koment:So, ketika berdoa jangan minta ampunan untuk diri sendiri doang, alias teman2, sahabat,keluarga tetangga kanan-kiri,belakang-depan,juga yang lainnya.


QS.Ali Imran:186= ""sesungguhnya Allah dan malaikat-malaikat-Nya bershalawat untuk nabi.Hai orang-orang yang beriman, bershalawatlah kamu untuk nabi dan ucapkanlah salam penghormatannya.

koment:Nabi kita bukan hanyaa nabi Muhammad.tapi wajib diketahui 25 nabi.dan yang dipilih sebagai pembawa kitab, ada 4,next:
1.Zabur-Nabi Daud
2.Taurat-Nabi Musa
3.Injil-Nabi Isa
4.Alquran-Nabi Muhammad
So, mulai sekarang kita kirimin doa buat nabi-nabi yang lain yuk.. dn wabilkhusus nabi muhammad saw.

QS.Ali Imran:186="Kamu sungguh-sungguh akan diuji terhadap hartamu dan dirimu.dan (juga)kamu sungguh-sungguh akan mendengar dari orang-orang yang diberi kitab sebelum kamu dan dari orang-orang yang mempersekutukan Allah, gangguan yang menyaakitkan hati.Jika kamu bersabar dan bertaqwa,maka sesungguhnya yang demikian itu termasuk urusan yang patut diutamaakan"

Koment; Nah terkadang sebagai manusia biasa, sering menghadapi perjalanan hidup dengan silih berganti, ada yang berkelok,lurus,menyebrangi lautan,juga mendaki gunung.Intinya kembaalikan segala urusan kepada-Nya.Hanya Allah tempat bergantung.jikalau kita memiliki masalah, pertama coba deh koreksi diri,mungkin ibadah kita ada yang kurang,atau lalai.Pengalaman ni coba dicari apa yang terlupakan oleh diri ini.Barangkali sholat kurang khusyuk karna sibuk dengan urusan dunia.atau blablabla..masih banyak alasan lainnya.

KUNCINYA SABAAR DAN TAQWA

QS.[16] An Nahl:126 = "Disakiti boleh membalas,tapi kalau sabar dapat pahala"
koment: Jadi inget senandung dari ini nasyid yang berjudul "jangan marah"
liriknya sekilas begini:"Jangan marah,kalau marah istighfar sebanyak-banyaknya.kalo bisa, jangan maarah.Kalo maarah bukan jadi beres masalah Hm...dont'angry


QS.Ali Imran;42= "Apakah kamu mengira bahwa kamu akan masuk surga, padahal belum nyata bagi Allah orang-orang yang berjihad (232) diantaramu, dan belum nyata orang-orang yang sabar."
ket:(232): jihad dapat berarti, 1.berperang untuk menegakkan Islam dan melindungi orang-orang Islam;2.memerangi hawa nafsu;mendermakan harta benda untuk kebaikan Islam dan umat Islam; 4.memberantas yang batil dan menegakkan yang hak.

koment: untuk masuk surga, harus bisa melewati ujian didunia.baik dalam menghadapi masalah yang besar maupun yang kecil.dan semua itu harus dilewati dengan sabar.
pengertian sabar adalah keteguhan manusia untuk tetap beriman dan akibatnya tetap semangat dan berserah diri.


QS.Al Qamar(54):53= "Dan segala (urusan)yang kecil maupun yang besar adalah tertulis.
QS.Al A'raf(7):204= "Dan apabila dibacakan Al Qur'an, maka dengarkanlah baik-baik, dan perhatikanlah dengan tenang agar kamu mendapat rahmat.

Koment: perbedaan melihat dengan memperhatikan, jika melihat contohnya ada cewe molek ditengok tanpa berfikir panjang.Tapi jika memperhatikan maka bukan hanya mata saja yang digunakan, namun hati dan fikiran ikut bergabung.


QS.Yunus(10):100= "Dan tidak ada seorangpun akan beriman kecuali dengan ijin Allah; dan Allah menimpakan kemurkaan kepada orang-orang yang tidak mempergunakan akalnya."

koment: enggak boleh sombong ngaku udah beriman,padahal yang menentukan seseorang beriman ataw tidak itu, atas ijin Allah.

QS.Al Qalam(68): 52= "Dan Alquran itu tidak lain hanyalah peringatan bagi seluruh umat."


sabar ya besuk2 dilanjutkan.sebab belum selesai

28 Jun 2008

tes

tes dulu...sebelum kembali menulis.maksud tulisan ini memperingati jgn sampai muncul tulisan hinji seperti yg lalu..ok siap menulis kembali.CAYO!.

25 Jun 2008

evaluasi

सेनान्दुंग लेत्तो सेजेनक, तेर्न्यता बेनर मेम्बुअत रेडियो सेजेनक न्गेहंग.फोकस दगं बुम्पेर यग लोंकात दलान्म ड्राफ्ट मपिंग, उपस, रेनुंगन लेवत.
ralat; senandung sejenak dari letto menghantarkan komputer untuk sejenak berhenti, sebab ngehang akibat virus. maau tak mau break..siarannya...

24 Jun 2008

gagang telp belum ditutup, suara orang disebrang kabel masih terdengar, short message (sms) pun masuk ke handphoneku. Isinya begini: "As.ukht nnt Sienc Tdy chnge sm ayu sih..ana gntiin ukht kamis nnt, kaki ana cidera, kmrin kpleset mtor.. mw brobat dlu, mhn doay y.. smg Allh mymbuhkn..+ +
-
bls kno ayu.begitulah isi smsnya. Astagfirullohaladzim...cepat kuambil keputusan untuk membalasnya.
Pukul 09.00-10.00 Jadwal siaran science today kutunaikan.gelombang radio mengudara....
sambil sibuk membaca bahan siaran dari internet, waktu berjalan membuatku lupa..
ups,..."bukannya tadi pagi sudah janjian deng jeng linda lewat telpon?,tanyaku dalam hati?""baiklah bentar lagi

23 Jun 2008

istighfar

alamat blog yg lama aja belum diapa-apakan
(maksudnya belum diolah, alias belum dupdate juga..), dengan alasan ngk sengaja... terbentuklah.dgn alamat:http://maghfiraalfirazi.multiply.com...
nekad y.. mau dibagaimanakan ya..kira2 blog ini...hehe... ko jd kemaruk..ups..pembaca tau arti kemaruk?.. baiklah saya kasih tau..kemaruk itu enggak ada puasnya.jadi pengen beristighfar."astaghfirullohaladzim". Hus... sekarang bagaimana memanfaatkan fasilitas yg ada aja.katanya aa'gym kalo udah jadi bubur maka tinggal gimana menyiasatinya saja.misalkan bubur ditambah emping,kacang goreng,suiran ayam goreng.etc.
Slrup..hm jadi pengen makan.eit ko lupa. istighfar lagi yah...
Payah manusia sering khilaf begini.dikit2 lupa... kata orang rumah belum tua ko pikun.weleh-weleh.

22 Jun 2008

jadwal baru

Dalam sebuah ruang bersekat meja kerja dihiasi dengan aksesoris komputer, berkarpet hijau, tepatnya Sabtu 21 juni kemarin, rapat baru saja digelar.Rapat ini terbilang sebagai rapat kedua sejak General Manager-nya baru.Rapat itu digelar kurang lebih pukul 10.00 WIB.Pas setelah jadwal saya siaran Science Today selesai.Siaran Science today hari sabtu kemarin isinya membahas tentang tokoh-tokoh yang ada diagama Islam.dan inti dari rapat adalah evaluasi program, serta target program berikutnya.Alhasil, mulai Minggu 22 Juni 08 jadwal saya Siaran Bermain Bersama tiap hari Minggu kini berganti jam.Biasanya dimulai pukul 06.00-09.00 (durasi 3 jam), sekarang dimulai pukul 07.00-09.00 (2 jam).Sebenarnya kalau dulu mulainya jm 07.30-10.00 (2.1/2 jam).Bergulirnya waktu juga bergantinya pemimpin, pastinya ada perubahan.dan terutama saat ini adalah perubahan jadwal siaran.